Tips Mudik dengan Kereta Api Ekonomi

August 26, 2010 at 6:58 pm | Posted in umum | 1 Comment

Pulang kampung atau mudik, merupakan kebutuhan spiritual yang telah menjadi tradisi penduduk kepulauan Nusantara. Untuk memenuhi kebutuhan mudik tersebut, masyarakat menempuh proses yang berbeda-beda. Masyarakat yang memiliki kantong tebal biasanya menempuh proses yang lebih mudah dengan menggunakan moda transportasi yang lebih mahal. Sedangkan masyarakat kelas bawah lebih memilih moda transportasi masal yang murah, meskipun proses yang ditempuh menjadi lebih tidak efisien dan tidak efektif.

Salah satu jenis fasilitas mudik kelas bawah adalah kereta api ekonomi. KA ekonomi merupakan jenis transportasi yang murah meriah karena sistem pembiayaannya mendapat bantuan subsidi. Berbeda dengan KA bisnis dan eksekutif yang dalam pengoperasiannya murni bergantung dari hasil penjualan tiket. Namun untuk menggunakan moda ekonomi diperlukan beberapa pengorbanan. Seperti halnya falsafah jawa ono rego ono rupo (ada harga, ada barang), barang yang dibeli akan selaras nilainya dengan jumlah harga yang dibayarkan.

Berdiri sepanjang perjalanan, berdesak-desakan, kondisi gerbong yang gerah dan panas, merupakan beberapa kendala yang harus dihadapi jika menggunakan KA ekonomi. Namun berikut ini ada beberapa tips yang bisa dipakai untuk menjadikan efisien perjalanan dengan KA ekonomi.

1. Membeli tiket jauh-jauh hari

Sebenarnya KA ekonomi tidak menjual tiket ekonomi pada H minus tertentu pada hari-hari biasa. Namun pada saat lebaran pemesanan tiket biasanya bisa dimulai pada sekitar H-7. Perlu diingat bahwa seringkali PT KAI (Kereta Api Indonesia) membebaskan tempat duduk pada masa libur. Sehingga kadangkala pemesanan tiket jauh-jauh hari tidak terlalu bermanfaat untuk kasus ini, karena pada masa libur tersebut tidak bisa didapatkan tiket duduk.

2. Mengambil jadwal mudik bukan pada tanggal merah dan sekitarnya atau weekend

Untuk menyiasati penuhnya kereta api dapat dipilih waktu yang bukan weekend atau mendekati tanggal merah. Hal ini disebabkan karena akhir pekan atau mendekati hari H merupakan jadwal bagi mayoritas masyarakat untuk mengambil jadwal mudiknya. Sehingga jika dapat diambil jadwal yang bukan pada waktu seperti ini, lebih baik mengambil waktu tengah pekan.

3. Mengambil jadwal mudik pada hari H lebaran

Jika tidak terburu-buru untuk mudik, ada baiknya mengambil jadwal mudik pada saat hari H lebaran (tentunya dengan tetap mengikuti shalat Ied). Sebab pada hari H, keadaan KA ekonomi seringkali kosong melompong. Hal ini disebabkan karena kebanyakan pemudik sudah sampai di kampung dan memilih untuk mengikuti acara silaturrahim ke sanak famili pada hari itu.

4. Memilih gerbong paling belakang

Untuk memilih tempat gerbong yang lebih sepi, maka hendaknya dipilih yang paling belakang. Gerbong belakang relatif lebih sepi daripada gerbong yang didepannya. Sebab para penumpang biasanya terburu-buru untuk segera masuk ke kereta dan memilih gerbong yang secepat mungkin dicapai. Sehingga gerbong yang tidak mudah dicapai biasanya terlupakan dan menjadikan gerbong tersebut lebih kosong.

5. Memilih tengah-tengah bagian gerbong

Ketika sudah mampu untuk masuk ke dalam gerbong, maka hendaknya memilih bagian tengah gerbong. Biasanya penumpang cenderung untuk mencari angin dan terjadi penumpukan di bagian ujung gerbong. Sehingga suhu di ujung gerbong dan di tengah gerbong menjadi sama saja, dank arena sama-sama panas lebih baik memilih tempat yang lebih longgar, yakni di tengah gerbong. Selain itu ada dua manfaat yang dapat diambil jika memilih bagian tengah gerbong. Yang pertama membantu penumpang lain untuk lebih mudah masuk ke gerbong dan kedua, tengah gerbong relatif lebih aman dari goncangan dibanding ujung gerbong (antar gerbong juga) ketika terjadi kecelakaan.

Demikian sedikit tips mudik lebaran, dan yang tidak kalah penting adalah berdoa dahulu serta jangan menonjolkan barang-barang yang berharga dan menyimpannya di tempat yang aman. Selamat mudik asyik !![sekarsidan]

About these ads

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. yoi bro


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: